Sabtu, 22 Desember 2012

Dampak WT sebagai iptek dalam bidang komunikasi


WT sebagai pemenuhan kebutuhan skunder



Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Walkie talkie dapat digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon. Walkie talkie merupakantransceiver, yang dikarenakan ia memiliki two way radios tersebut, alat ini memiliki radio transmitter dansinyal penerima komunikasi radio.

 Perkembangan IPTEK Pada WT di bidang komunikasi

- Fase yang terdapat pada WT

Pada fase ini perkembangan iptek pada wt merupakan fase modern. yang di mana tehnologi sudah semakin maju. dan ada nya perkembangan teknologi tinggi. 


Dampak WT di bidang komunikasi 

Militer

Pada sejarah terbentuknya walkie talkie dijelaskan bahwa walkie talkie pertama kali digunakan untuk kebutuhan militer khususnya apabila terjadinya perang. Walkie-talkie pertama yang digunakan oleh anggota militer adalah Radio Man, alat tersebut berbahaya, karena tentara yang menggunakannya hanya dapat menggunakan senjata kecil saat menggunakan alat tersebut. Hal itu terjadi karena beratnya Radio Man. Tugas tersebut merupakan tugas penting, karena alat tersebut, prajurit-prajurit dapat menyampaikan ataupun menerima informasi kepada base-campnya mengenai posisi musuh ataupun tempat untuk mengirimkan berita perang.

Kepolisian

Kepolisian adalah kelompok selanjutnya yang menggunaka walkie-talkie. Kepolisian menggunakan walkie talkie untuk mengirimkanlaporan kepada kepolisian pusat mengenai informasi kejahatan seperti perampokan bank, kecelakaan lalu lintas ataupun pembunuhan.

Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran menggunakan walkie talkie untuk memberitahukan kepada orang-orang yang terjebak pada wilayah kebarakan agar menghindari tempat tersebut. Para pemadam kebakaran akan masuk kedalam ruangan dan perlu untuk berkomunikasi mengenaisituasi yang terjadi di dalam sana, maka ia membutuhkan walkie-talkie untuk berkomunikasi dengan partnernya.

Hiburan

Walkie talkie merupakan teknologi komunikasi yang simple, hemat dan juga mudah untuk dioperasikannya. Oleh sebab itu Walkie talkie digunakan untuk bersenang-senang seperti pada keluarga yang sedang melakukan campinghikingclimbing ataupun saat berbelanja dipasar, karena walkie talkie dapat mengkomunikasi pengguna dengan teman atau saudara saat sedang bersama.

Dampak Negatif dan Positif e-Auction dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan 

Kemajuan teknologi informasi yang sekarang sudah semakin pesat telah membuka banyak peluang untuk mendapatkan, mengelola,dan menggunakan informasi yang didapat dengan sangat cepat dan akurat (Suprihadi, Eddy 2007). Kemajuan teknologi informasi yang sudah sangat pesat ini juga telah menunjukkan bahwa penggunaan media elektrik mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam dunia perdagangan khususnya dalam dunia pelelangan.

Berkat kemajuan teknologi informasi, pelelangan secara online, saat ini sudah mulai berkembang. Selain itu, semakin banyaknya perusahaan yang memiliki situs web juga mendukung maju nya komunikasi secara real-time dan on-time melalui internet. Hal ini juga mempunyai pengaruh dalam dunia pelelangan secara online.

Dengan melihat kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang adil dan transparan maka pemerintah tidak hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa.pelelangan yang dulu dilakukan secara manual sudah tidak punya daya tarik seperti dulu, sehingga pemerintah harus melakukan pembaruan atau reformasi sektor publik.

Pada saat ini pemerintah sudah mulai melaksanakan e-government. Salah satu aplikasi dari e-government ini adalah e-auction. Di dalam paper ini akan dibahas mengenai dampak negatif dan positif e-auction dalam peningkatan kinerja perusahaan, serta manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan yang menggunakan sistem e-auction. Dengan diketahuinya dampak serta manfaat ini maka diharapkan akan terciptanya dunia
pelelangan yang adil dan transparan. Selain itu, kebutuhan masyarakat akan adanya pelayanan publik juga akan terpenuhi.

Kesimpulan : 

Jadi WT merupakan alat komunikasi yang di gunakan untuk berhubungan dengan orang lain. yang sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan sekunder seseorang.

Refrensi : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar