Sabtu, 29 Desember 2012

Energi non konvensial "Angin"


 
LATAR BELAKANG

Pengertian sumber daya alam nonkonvensional

Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera.SDA ada disekitar kita, yaitu alam lingkungan hidup kita seperti minyak bumi,batu bara dan sebagainya.Dengan demikian SDA non konvensional adalah SDA yang ada disekitar kita yang dapat digunakan dalam skala besar dan sumber energi ini diharapkan tidak boleh menghasilkan polutan sama sekali.

TUJUAN PEMBAHASAN

Pada kali ini kita akan membahas SDA non konvensional, lebih spesifiknya lagi Energi Angin. Tujuannya adalah untuk mengetahui kegunaan Energi Angin dalam kehidupan kita sehari-hari.



Pengertian Energi Angin

Energi angin merupakan salah satu energi tertua yang dimanfaatkan manusia. Lebih dari 5.500 tahun yang lalu, energi ini mulai digunakan untuk menggerakkan kapal layar para nelayan, pedagang, dan penjajah.

Pemanfaatan Energi Angin

Manusia telah menggunakan energi angin selama setidaknya 5.500 tahun. Para nelayan menggunakan angin untuk menggerakkan kapalnya untuk mencari ikan ke tengah laut. Pedagang, penjajah dan bahkan misionaris menggunakan angin untuk menggerakkan kapal yang membawa mereka ke seluruh belahan dunia demi Glory, Gold, and Gospel.

Studi pemanfaatan energi angin untuk lemari pendingin bagi nelayan di desa nelayan, Muncar daerah Banyuwangi

Energi angin adalah salah satu energi non konvensional yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.Untuk mengkonversikan energi kinetik dari tenaga angin menjadi energi mekanik yang berupa gerak rotasi diperlukan kincir angin. Selanjutnya energi mekanik dari kincir angin yang berupa gerak rotasi dapat dikonversikan menjadi energi listrik dengan menggunakan generator DC. Kecepatan angin yang berubah-ubah menghasilkan daya listrik yang berubah-ubah pula, sehingga diperlukan accumulator untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan generator DC, bila energi listrik yang dihasilkan melebihi kapasitas terpasang, dan mengeluarkan energi listrik, bila energi listrik yang dihasilkan generator DC rendah. Untuk mengatur tegangan diperlukan regulator. Untuk merubah daya arus searah menjadi daya arus bolak balik diperlukan peralatan inverter. Output dari inverter dapat langsung disupply ke beban. Beban yang disupply adalah COLD STORAGE yang lokasinya ditentukan dipesisir Banyuwangi yang merupakan daerah nelayan dan COLD STORAGE digunakan untuk mengawetkan hasil laut.


tabel-angin.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar